Definisi e-Commerce

Uraian

Konsep dasar-dasar, menggunakan, menginstal

Sasaran

Memahami konsep dasar e-commerce baik teori    maupun dalam praktek

Daftar Pustaka

  • Bajaj, Kamlesh, and Debjani Nag, E-Commerce-The Cutting Edge of

Bussines, Singapore, Mc.Graw-Hill, 1999.

  • Fingar, Peter, Harsha Kumar, and Tharun Sharma, Enterprise E-Commerce
  • Marshak, David, and Anne Thomas. Alta E-Commerce Framework Getting  a Jump Start on Strategic Electronic Commerce Solutions, Boston, 1998
  • Cunningham, Michael J. B2B How to Build a Profitable E-Commerce Strategy. Cambridge, 2000.
  • Richardus,E,I, E-Commerce

Definisi e-Commerce….?

  • Association for Electronic Commerce
    • mekanisme bisnis secara elektronis
  • CommerceNet (konsorsium industri )
    • penggunaan jejaring komputer (komputer yang saling terhubung) sebagai sarana penciptaan relasi bisnis
    • proses pembelian dan penjualan jasa atau produk antara dua belah pihak melalui internet atau pertukaran dan distribusi informasi antar dua pihak di dalam satu perusahaan dengan menggunakan intranet
  • Amir Hartman dalam bukunya “Net-Ready”
    • suatu jenis dari mekanisme bisnis secara elektronis yang memfokuskan diri pada transaksi bisnis berbasis individu dengan menggunakan internet sebagai medium pertukaran barang atau jasa baik antara dua buah institusi (B-to-B) maupun antar institusi dan konsumen langsung (B-to-C).

Definisi e-Commerce….?

  • Kalangan Akademisi
    • salah satu cara memperbaiki kinerja dan mekanisme pertukaran barang, jasa, informasi, dan pengetahuan dengan memanfaatkan teknologi berbasis jaringan peralatan digital

Kesamaan karakteristik

e-Commerce:

  • Terjadinya transaksi antara dua belah pihak
  • Adanya pertukaran barang, jasa, atau informasi dan
  • Internet merupakan medium utama dalam proses atau mekanisme perdagangan tersebut

3 Jenis jaringan teknologi informasi

yang biasa ada di perusahaan

Internet merupakan jaringan komputer yang dapat menghubungkan perusahaan dengan domain publik, seperti individu, komunitas, institusi, dan organisasi

Intranet merupakan infrastruktur jaringan komputer yang menghubungkan semua sumber daya manusia, baik manajmen maupun staf, dalam sebuah perusahaan

Ekstranet merupakan sebuah infrastruktur jaringan yang menghubungkan perusahaan dengan para pemasok dan rekanan bisnisnya

4 jenis relasi dalam dunia bisnis

  • Relasi dengan pemasok (supplier)
  • Relasi dengan distributor
  • Relasi dengan rekanan (partner)
  • Relasi dengan konsumen (customer).

Kesimpulan …. !

E-Commerce bukanlah sekedar mekanisme penjualan barang atau jasa melalui medium internet, tetapi lebih pada sebuah transformasi bisnis yang merubah cara-cara perusahaan dalam melakukan aktivitas usahanya sehari-hari

  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: