Dasar Target Penjualan

Perbandingan dari sudut Pembeli

Product Price (P)

yaitu total jumlah biaya yang harus dibayar perusahaan untuk membeli produk atau jasa yang ditawarkan dimana didalamnya telah termasuk biaya produksi, biaya koordinasi (manajemen), dan margin keuntungan (profit margin)

Search Costs (SC)

adalah biaya yang diperlukan oleh pelanggan atau calon pembeli ketika harus meluangkan waktu, tenaga, dan biaya dalam mencari produk atau jasa yang diinginkan.

Risk Cost (RC)

Adalah factor biaya yang harus diperhitungkan oleh calon pembeli sehubungan dengan proses atau aktivitas pembelian dipasar konvensional maupun pasar digital.

Economic Risk, berkaitan dengna kemungkinan hilangnya uang dalam proses pembelian   produk;

Performance Risk,

berkaitan dengan kemungkinan tidak didapatkannya kualitas produk seperti yang diharapkan

Personal risk, berkaitan dengan kemungkinan adanya kerugian lain yang dapat menimpa individu sehubungan dengan metode pembelian yang dipilih

Distribution Costs(DC)

Adalah biaya pengiriman yang harus ditanggung oleh calon pembeli

Sales Tax

Adalah besarnya pajak yang harus dibayar oleh pembeli ketika yang bersangkutan membeli produk atau jasa tertentu.

Market Cost

Biaya yang harus dikeluarkan oleh pembeli untuk dapat berpartisipasi (masuk) kedalam pasar tertentu dengan tujuan melakukan jual beli

Perbandingan dari sudut Penjual

Marketing and Advertising Costs (AC)

Upaya meningkatkan marketing dan pengiklanan

Overhead Costs (OCs)

Adalah biaya tetap yang harus dikeluarkan oleh perusahaan dalam mengelola aktivitas bisnis sehari-hari, terutama yang berkaitan dengan penjualan produk-produk terkait. Contoh biaya sewa kantor, biaya telepon, listrik, kertas dan lain-lain

Inventory Costs(ICs)

Adalah biaya total yang harus dialokasikan karena tidak menentunya permintaan (demand) terhadap produk yang ada, sehingga perusahaan harus memiliki stok baranh yang cukup, contoh biaya pengadaan dan penyimpanan baran.

Production Costs (PCs)

Biaya total yang dibutuhkan untuk menciptakan pruduk dari bahan mentah atau bahan baku (setengah jadi) yang dimiliki perusahaan.

Distribution Tax (TCs)

Biaya yang harus dikeluarkan perusahaan untuk mendistribusikan produk-produknya sampai ke tangan pelanggan (baik secara langsung, atau melalui wholesaler maupun retailer)

  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: