Konsep dan struktur E Commerce

  1. Internet berkembang menjadi saluran distribusi global utama untuk produk, jasa, lapangan pekerjaan bidang manajerial dan profesional
  2. Dampaknya mengubah perekonomian, struktur pasar dan industri, produk dan jasa serta aliran distribusinya, segmentasi pasar, nilai bagi konsumen, perilaku konsumen, lapangan pekerjaan dan pasar tenaga kerja
  3. Dampaknya juga terjadi pada masyarakat dan politik, dan perspektif kita terhadap dunia dan diri kita didalamnya.

Dua tipe umum e-commerce:

  • business-to-consumer (B2C) : transaksi online terjadi antara perusahaan dengan konsumen individual
  • e-tailing: ritel online, biasanya B2C
  • business-to-business (B2B): perusahaan melakukan transaksi online dengan perusahaan lain.

Infrastrukturnya

  • Internet: jaringan global
  • Intranet: jaringan milik perusahaan atau organisasi yang menggunakan teknologi Internet, seperti protokol Internet, browser Web, dsb.
  • Extranet: jaringan melalui Internet yang menghubungkan beberapa intranet

Selain infrastruktur, aplikasi EC juga ditunjang oleh lima pilar:

  • SDM (People)
  • Peraturan/perundangan publik (Public Policy)
  • Pemasaran dan periklanan (Marketing and Advertisement)
  • Layanan-layanan pendukung (Support and Services)
  • Kemitraan usaha (Business Partnerships)
  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: