Keterkaitan e-bussiness, e-commerce, dan e-marketing

Keterkaitan e-bussiness, e-commerce, dan e-marketing sangat erat kaitannya. Saat ini banyak perusahaan menggunakan system yang bersifat online didalam menjalankan pemasaran produknya guna memperluas segmentasi market nantinya.

Peluang untuk membangun jejaring dengan berbagai institusi lain tersebut harus dimanfaatkan karena dewasa ini persaingan sesungguhnya terletak pada bagaimana sebuah perusahaan dapat memanfaatkan E-Commerce untuk meningkatkan kinerja dalam bisnis inti yang digelutinya

Dampak dari teknologi untuk perkembangan bisnis di Indonesia sebagai berikut :

–          Jangkauan global

–          Pengurangan biaya operasi

–          Perbaikan rantai pasokan

–          Penambahan jam buka: 24/7/365

–          Kustomisasi

–          Model bisnis baru

–          Spesialisasi vendor

–          Kecepatan time-to-market

–          Biaya komunikasi/koordinasi lebih rendah

–          Efisiensi pengadaan

–          Meningkatkan hubungan dengan konsumen

–          Informasi yang up-to-date

–          Tidak harus membayar pajak/biaya usaha fisik

Karakteristik Bisnis E Commerce

Business to Business

–           Trading partners yang sudah saling mengetahui dan antara mereka sudah terjalin hubungan yang berlangsung cukup lama.

–          eCommerce antara usaha dan usaha baik pelanggan maupun pemasok (supplier)

–          Melakukan transaksi antar usaha ini secara elektronik dapat banyak keuntungan seperti lebih cepat, lebih nyaman, lebih efisien

Business to Consumer

–          e-Commerce antara usaha dan konsumen secara langsung

–          Dengan semakin banyaknya pribadi yang terhubung pada internet maka pasar B2C semakin potensial

–          Konsumen mendapatkan akses yang luas pada produk dan jasa yang ditawarkan secara online

Consumer to Business

–          e-Commerce antara individu dan perusahaan secara langsung.

–          Dengan semakin banyaknya individu yang menawarkan produk dan jasa melalui internet maka pasar C2B semakin potensial.

–          Perusahaan mendapatkan akses yang luas pada produk dan jasa yang ditawarkan oleh individu

Consumer to Consumer

–          e-Commerce antara individu dan individu secara langsung

–          Dengan semakin banyaknya individu yang terhubung pada internet maka pasar C2C semakin potensial

Pola bisnis e-commerce ini pada dasarnya terletak atas beberapa komponen, tersedianya platform untuk menampilkan barang, proses pembayaran dan pengiriman.

Usaha Kecil dan Menengah (UKM) mempunyai peran yang strategis dalam pembangunan ekonomi nasional, oleh karena selain berperan dalam pertumbuhan ekonomi dan penyerapan tenaga kerja juga berperan dalam pendistribusian hasil-hasil pembangunan. Dalam krisis ekonomi yang terjadi di negara kita sejak beberapa waktu yang lalu, dimana banyak usaha berskala besar yang mengalami stagnasi bahkan berhenti aktifitasnya, sektor Usaha Kecil dan Menengah (UKM) terbukti lebih tangguh dalam menghadapi krisis tersebut.

Mengingat pengalaman yang telah dihadapi oleh Indonesia selama krisis, kiranya tidak berlebihan apabila pengembangan sektor swasta difokuskan pada UKM, terlebih lagi unit usaha ini seringkali terabaikan hanya karena hasil produksinya dalam skala kecil dan belum mampu bersaing dengan unit usaha lainnya.

  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: