Klasifikasi EC menurut Pola Interaksi/Transaksi

Klasifikasi EC menurut Pola Interaksi/Transaksi

  1. B2B dan B2C
  2. business-to-business-to-consumer (B2B2C):

model EC dimana suatu perusahaan menjual produk atau jasa kepada perusahaan lain yang memiliki konsumennya sendiri

  1. consumer-to-business (C2B):

model EC dimana individu menggunakan Internet untuk menjual produk atau jasa kepada perusahaan atau individu, atau untuk mencari penjual atas produk atau jasa yang diperlukannya

  1. mobile commerce (m-commerce):

transaksi dan aktivitas EC dilakukan dengan teknologi wireless (misal telepon selular)

  1. location-based commerce (l-commerce):

transaksi m-commerce yang ditargetkan pada individu di lokasi dan waktu tertentu

  1. collaborative commerce (c-commerce):

model EC dimana beberapa individu atau kelompok berkomunikasi dan berkolaborasi secara online

  1. e-learning: penyampaian informasi secara online untuk tujuan pelatihan dan pendidikan
  2. exchange (e-exchange): pasar elektronik untuk umum yang beranggotakan banyak pembeli dan penjual
  3. intrabusiness EC: kategori EC untuk aktivitas internal suatu organisasi yang melibatkan pertukaran barang, jasa, atau informasi antara berbagai bagian dan individu dalam perusahaan
  4. business-to-employees (B2E): model EC dimana organisasi menyediakan jasa, informasi, atau produk kepada individu karyawannya
  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: